Kamis, 25 September 2014

SEJARAH SINGKAT TAEKWONDO INDONESIA




Pada awalnya berkembang Taekwondo di Indonesia pada tahuan 70 an,masuk dan berkembang terlebih dahulu adalah Taekwondo yang beralifikasi ke ITF (International taekwondo federation) yang waktu itu bermarkas di Tronto kanada dan aliran ini dipimpin dan dipelopori ileh Gen.Choi Hong Hi, kemudian berkembang juga aliran taekwondo aliran yang beralifikasi WTF (World Taekwondo Federation) yang berpusat di Kukkiwon Seoul Korea Selatan dan dipimpin oleh Dr.Un yong Kim. 

Di Indonesia kedua aliran ini yang masing-masing mempunyai organisasi ditingkat nasional yaitu persatuan Taekwondo Indonesia (PTI) yang beralifikasi ke ITF dipimpin oleh letjen.Leo Lopolisa dan Federasi Taekwondo Indoonesia (FTI) yang beralifikasi ke WTF dipimpin oleh Marsekal Muda Sugiri. Atas kesepakatan bersama dan melihat prospek perkembangan di dunia olahraga International dan Nasional, maka Munas taekwondo yang pertama di Indonesia tanggal 28 Maret 1981 menghasilkan organisasi taekwondo baru yang disebut Taekwondo Indonesia yang merupakan peleburan kedua organisasi sebelumnya dan dipimpin oleh Leo Lopolisa sebagai Ketua Umumnya, sedangkan organisasi ditingkat pusatnya (Jakarta) disebut PBTI (Pengurus Besar Taekwondo Indonesia). 

Sarwo Edhie Wibowo, Komandan RPKAD (1964-1967), Ketua Taekwondo Indonesia Pertama
Munas Taekwondo Indonesia I pada tanggal 17-18 September 1984 menepatkan Letjen Sarwo Edhie Wibowo sebagai Ketua umum Taekwondo Indonesia periode 1984-1988, maka era baru Taekwondo indonesia yang bersatudan kuat dimulai.Selanjutnya Taekwondo Indonesia sempat dipimpin oleh Soeweno, Harsudiyono Hartas, dan sekarang oleh Mayen (mar) Suharto. Kini Taekwondo Indonesia telah berkembang di 27 propinsi dan diikuti aktif oleh hampir 300.000 anggota,hal ini belum yang yang tidak aktif lagi berlatih,serta telah dipertandingkan resmi di arena PON.

1 komentar:

  1. Saya Dr. Alexander HS dari Balikpapan yang atas rekomendasi Alm.Letjen Mung Parhadimulyuo dipanggil oleh Alm. Letjen Sarwo Edhie Wibowo (yang diberi mandat oleh Ketua KONI Pusat Alm. Jend. Surono) hingga "Terpaksa" terlibat dalam Rapat peleburan 2 aliran WTF dan ITF yang sangat heboh waktu itu - yang ahirnya diputuskan yang boleh berkembang di Indonesia adalah WTF yang berafiliasi ke Seoul Korea Selatan - keterlibatan saya termasuk pembuatan AD / ART Taekwondo Indonesia.
    Maaf, yang saya permasalahkan adalah tanggal berdirinya TI seingat saya adalah September 1983 bukan September 1984. Mohon dikoreksi seandainya saya BENAR. Terima kasih

    BalasHapus